Demografi, Perilaku Konsumen, Karakteristik Kepribadian Konsumen, dan Budaya

Produk Laptop

1.) Demografi

a.   Umur                                       : 18 s.d 35 tahun

 

b.   Jenis Kelamin                        : Laki-laki dan perempuan

 

c.    Pendapatan                           : kelas menengah keatas

 

d.   Status Perkawinan                : Belum / sudah kawin

 

e.   Pendidikan                             : SLTA s.d perguruan tinggi

 

f.      Pekerjaan                               : Dosen,Pelajar,dan lain-lain

 

 

2.) Perilaku Konsumen

a.   Manfaat                                  : Mempermudah pekerjaan

 

b.   Kesetian Merk                       : Umumnya konsumen lebih loyal

 

dengan produk terdahulu atau produk

 

dengan kualitas tinggi.

 

c.    Tingkat Penggunaan : Maksimum.

 

d.   Lainnya (alasan membeli)    : Iklan, penjual, word of mouth, dll.

3.) Karakteristik Kepribadian Konsumen

a.   Kebutuhan Akan Kesadaran

Para konsumen umumnya membutuhkan produk ini, karena mereka sadar akan produk ini penting guna mempermudah pekerjaan mereka.

 

b.   Toleransi Terhadap Kebimbangan

Jika konsumen bingbang untuk membeli produk ini, ada toleransi untuk membeli komputer biasa.

 

c.    Kecenderungan Mengambil Resiko

Terkadang para konsumen mengambil resiko tinggi, kebanyakan dari mereka membeli produk ini bukan di tempat resmi.

 

4.) Budaya

Kebiasaan

Para konsumen tidak membaca/memperhatikan buku petunjuk (buku panduan), sehingga produk ini tidak digunakan secara maksimum atau cepat rusak.

 

Nilai-nilai dan Norma

Produk ini lebih fleksibel dari pada komputer biasa.

Adat Istiadat

Dulu produk ini digunakan hanya untuk mengetik saja, tapi sekarang produk ini juga di pakai untuk hiburan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: