5 Analisa Faktor Sebelum Memulai atau Membangun Bisnis

Membangun bisnis itu dapat dianalogikan seperti berlayar. Ketika kita berlayar, kita harus memperhitungkan kondisi angin. Jika angin bergerak menuju ke arah yang kita inginkan, maka itu akan mempermudah kapal kita untuk mencapai tujuan, tetapi jika gerakan angin tidak sesuai dengan yang kita harapkan, dengan kemampuan seorang pelaut yang baik, maka kapal kita tetap akan sampai di tujuan.
Bisnis di sini kita anggap sebagai kapal, dan angin itu merupakan analisa kompetisi bisnis yang kita buat sebelum kita mengerakkan bisnis kita. Jika analisa kompetisi tersebut bagus dan sesuai dengan yang kita inginkan, maka bisnis kita akan semakin mudah mencapai target yang kita inginkan, tapi jika analisa kompetisi bisnis tersebut tidak bagus, tugas kitalah untuk mencari atau menjadi pebisnis yang dapat mengantarkan bisnis kita ttp sampai ke tujuan yang kita inginkan.
Ada lima kekuatan analisis yang dapat digunakan untuk menilai suatu kompetisi bisnis:
Ancaman kompetisi awal
Apakah produk tersebut dapat bersaing ketika mulai terjun ke pasaran? Apa yang kira2 dapat membuat konsumer lebih memilih produk anda? Merek? Fitur lebih baik? Harga lebih murah?
Ancaman kompetisi pada supplier
Apakah ada banyak supplier yang dapat mensupport anda? Atau anda hanya benar2 bergantung pada satu supplier saja?
Ancaman kompetisi pada konsumer
Apakah banyak konsumer yang dapat langsung berhubungan dengan bisnis anda? Atau bisnis anda hanya tertuju pada beberapa target saja?
Ancaman kompetisi terhadap produk pengganti
Apakah banyak produk pengganti yang sejenis, misalnya produk anda kemeja putih, ada banyak sekali produk pengganti yang sejenis seperti kemeja biru, garis2, dll. Jadi kompetisi variasi produk yang diperhitungkan di sini.
Ancaman kompetisi persaingan perusahaan sejenis
Apakah banyak perusahaan / bisnis yang menjual produk serupa? Apakah saingan2 anda bisnis2 besar atau hanya bisnis2 kecil?
Dengan menggunakan lima kekuatan analisa di atas, kita dapat mengetahui kira2 peluang keberhasilan bisnis kita. Tapi perlu disadari bahwa pada kenyataannya, hampir tidak mungkin menemukan faktor ancaman yang rendah utk kelima faktor tersebut, biasanya pasti ada ancaman kompetisi yang cukup tinggi di minimal salah satu faktor tersebut. Oleh karena itu, seperti yang pertama kali dibahas bahwa sudah menjadi tugas si pemilik bisnis lah untuk menentukan strategi yang cocok untuk mengatasi ancaman2 tersebut dan tetap berusaha mengarahkan bisnisnya menuju arah yang ingin dituju walaupun angin kompetisi bergerak melawan jalur pergerakan bisnis anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: